SELAMAT DATANG PARA SUPORTER PSMS MEDAN

SELAMAT DATANG PARA SUPORTER PSMS MEDAN

ANDA HORMAT KAMI SEGAN ,JIKA ANDA KURANG AJAR KAMI RIBAK SUDE ANDA!!!!!

PSMS MEDAN NEVER DIE!!!!
Powered By Blogger

Entri Populer

Sabtu, 25 Desember 2010

Keltjes antisipasi non teknis

Keltjes antisipasi non teknis


(WOL Photo/Austin Antariksa)

MEDAN - Faktor non teknis tak dipungkiri berperan atas sukses atau tidaknya tim meraih kemenangan di Liga Indonesia. Termasuk PSMS Medan yang kerap merasa dirugikan oleh faktor tersebut. Dalam hal ini sosok pengadil lapangan hijau atau wasit yang kerap bertindak berat sebelah kepada tuan rumah.

Salah satu ulah wasit yang kerap berakibat fatal untuk tim adalah menyoal perangkap offside. Sering kali tim tamu dirugikan dengan keputusan soal offside.

“Soal offside harus kita antisipasi. Bisa saja kejadian yang seharusnya offside jadi malah tidak. Apalagi kalau kita bermain di luar kandang,” ujar Pelatih PSMS, Rudy Keltjes, tadi sore, di Stadion Teladan.

Langkah antisipasi pun disisipkannya dalam menu latihan tadi sore. Peran tambahan diberikan kepada penjaga gawang yang diminta lebih aktif untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Kiper tentunya akan sering menjumpai offside pemain lawan. Bisa saja wasit atau penjaga garis tidak melihat atau sengaja tidak melihat. Untuk itu antisipasinya penjaga gawang tidak boleh diam dan bergerak aktif. Itu yang selama ini tidak ada dalam diri kiper-kiper di Indonesia ,” tambahnya.

Sebagai pelatih yang kenyang pengalaman di Liga Indonesia, Keltjes tentu menyadari kondisi itu. Namun sebagai pelatih ia hanya mengantisipasi sebatas teknis.

“Secara teknis saya hanya bisa memberikan arahan kepada tim untuk menghindari hal itu mengingat sepakbola Indonesia ini agak aneh.,” ungkapnya.

Namun sejauh apa hal itu bisa berperan menghindari kecurangan yang terjadi? Keltjes mengakui hal itu hanya langkah antisipasi teknis dirinya sebagai Arsitek tim. Selebihnya ia menyerahkannya kepada manajemen yang dianggapnya lebih paham kondisi ini.“Kalau saya sebagai pelatih hanya bisa melakukan antisipasi sebatas sisi teknis. Kalau di luar itu, manajemen lebih tahu,” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar